Tart di Bulan Hujan

Tart di Bulan Hujan PDF Ò Tart di Kindle -

Tart di Bulan Hujan ❴Reading❵ ➹ Tart di Bulan Hujan Author Bakdi Soemanto – Polishdarling.co.uk Buku Kumpulan cerpen Bakdi Soemanto, sastrawan senior yang namanya tidak asing lagi dalam jagat sastra Indonesia Antologi ini merupakan bagian dari seri buku Kumpulan Cerpen KOMPAS yang mulai diterbit Buku Kumpulan cerpen Bakdi Soemanto, sastrawan senior yang namanya tidak asing lagi dalam jagat sastra Indonesia Antologi ini merupakan bagian dari seri buku Kumpulan Cerpen KOMPAS yang mulai diterbitkan Penerbit Buku Kompas Tart di Kindle - sejak tahun Kecerpen yang mengisi buku ini menarik karena lahir dari seorang Bakdi Soemanto yang memiliki beragam minat lain di samping menulis cerpen Menekuni bidang tulis menulis sejak remaja, Bakdi tumbuh menjadi seorang sastrawan dan seniman serbabisa Jenis karya sastranya amat beragam, mulai dari puisi, cerita bersambung, esai sastra dan bahasa, penerjemahan lakon teater, penulisan lakon ketoprak, sampai tajuk rencanaKecuali beberapa yang pernah terbit di Harian Kompas, antologi ini juga memuat cerpen Bakdi Soemanto yang pernah muncul di media massa lain serta sejumlah karya baru yang belum pernah dipublikasikan.


About the Author: Bakdi Soemanto

Is a well known author, some of his books are a fascination for readers like in the Tart di Bulan Hujan book, this is one of the most wanted Bakdi Soemanto author Tart di Kindle - readers around the world.



10 thoughts on “Tart di Bulan Hujan

  1. Teguh Affandi Teguh Affandi says:

    Prof Bakdi Soemanto sudah tidak asing memang dalam dunia kesusasteraan Indonesia Sebagai akademisi maupun penulis sendiri Buku ini berisi cerpen2 beliau, baik yang sudah pernah terbit di media massa maupun yang belum Sepertinya Buku Kompas sedang memproduksi kumpulan cerpen Kompas setiap tahunnya tahun lalu Pelajaran Pertama Bagi Calon Politisi kepunyaan alm.Kuntowijoyo.Cerpen pertama kisah pemuda bernama Brokoli nama yang unik, dan akan ditemukan banyak sekali nama unik lainnya dalam buku Prof Bakdi Soemanto sudah tidak asing memang dalam dunia kesusasteraan Indonesia Sebagai akademisi maupun penulis sendiri Buku ini berisi cerpen2 beliau, baik yang sudah pernah terbit di media massa maupun yang belum Sepertinya Buku Kompas sedang memproduksi kumpulan cerpen Kompas setiap tahunnya tahun lalu Pelajaran Pertama Bagi Calon Politisi kepunyaan alm.Kuntowijoyo.Cerpen pertama kisah pemuda bernama Brokoli nama yang unik, dan akan ditemukan banyak sekali nama unik lainnya dalam buku ini yang mengiris kelingking karena putus dari kekasihnya Zwili Zanten tuh kan benar, nama tokoh2 dalam buku ini lucu Juga Brokoli tidak mau makan karena merasa sebagai pemakan mayat karena memakan ayam Mungkinkah ini kritik secara halus terhadap sikap manusia yang serakah ketika makan Semua dimakan, daging, sayuran, sosis, sareh darah yang yang dikukus, di daerah lain disebut dadih dll Amrok Brokoli bikin kita kembali merenung.Bagaimana seekor ANJING membuat seoran laki laki bernama Matheus Sardula kesengsem sama anak ibu kosnya Anjing itu mengingatkannya pada seekor anjing yang dibuat di buat di gua maria Aku tidak paham beda kristen dan katholik dalam menanggapi anjing Aku suka sekali cerpen AYAM GORENG, dendam ibunya yang membenci ayam goreng saat disajikan di misa natal Ada kejutan di akhirnya seru.Bus Kolumbus berkisah tentang supir bus, bernama Kuniya yang tanpa sengaja menabrak orang saat mengendarai bus kolumbus Aku hanya bisa mengira ngira mengapa Bakdi Soemanto menamai busnya bus kolumbus Dan kisah ini benar benar kisah orang lapisan bawah.Ternyata Bakdi Soemanto juga piawai dalam mengurai kisah kasih beraroma asmara, misal dalam cerpen Di Antara Dua Bintang Pisces, Dua Pasang Sepatu Pesta, Ia Telah Terusir, dan Libra, Pisces, atau. Meski ketiganya memiliki titik fokus yang berbeda Mulai dari kisah laki laki yang bingung memilih dua gadis dengan bintang pisces, kisah perceraian yang gagal karena sepasang sepatu pesta, atau kisah suami yang dideskreditkan posisinya karena tidak berpenghasilan sebesar istri Kisah lelaki lulusan master yang bingung memilih dua gadis, antara yang bebrintang Libra Pisces atau saya menduga juga suka dengan si konsultan sendiri Menarik Selain itu ada kisah sedikit lucu dalam Pagi Itu Ia Menengadah, yang berkisah tentang Bisma yang hendak ujian disertasi doktor dan memiliki tetangga perempuan merah jambu Tentu bisa dibayangkan bagaimana terganggu konsentrasinya karena kemolekan perempuan mereh ajambu itu Seru.Bakdi Soemanto juga bermain di area surealis, cerpen KEPALA perlu dihighlight dengan saksama Bagaimana seorang juru ketik merasa susah dengan kepalanya yang terlalu kritis AKhirnya atas saran banyak orang kepala itu ditinggal di rumah Tapi Apa ini cuma begitu Tidak Ada aroma satire di sana Apakah ini sindiran kepada para birokrat dengan keterwakilan juru ketik yang tidak bisa memanfaatkan kepala mereka Begitu juga dalam cerpen Kotak Suci konflik antara urban dan rural culture sangat terasa Seorang anak yang sepuluh tahun di kota kembali ke desa, hendak mengambil sebuah kotak suci yang konon berisi lembaran puisi sastra lama Tetapi ternyata orang desa sudah berubah, tidak seperti dahulu.Sebuah MATA yang memergoki penggelapan tukang fotokopi kantor, harus menanggung akibat PAdahal ia hendak mengatakan yang jujur KAdang memang kejujuran harus berbayar terlalu mahal.Cerpen Selanjutnya adalah kisah tentang orang miskin yang harus kembali diperbudk oleh kemelaratan MUHDOM kehilangan motor dan melapor ke dukun Sayang, ternyata di tengah kesedihan itu ada juga oknum polisi yang ingin mengambil untung Tetapi di tengah kekalutannya, ia justru berubah menjadi kriminal dengan membawa pergi motor yang mirip miliknya dulu.Dan cerpen yang menjadi judul buku Tart di Bulan Hujan sangat humanis serta religius red kaum nasrani Tentang pengabdian terhadap Yesus, si anak yatim suci, dari sebuah keluarga miskin Sum ingin memberi hadiah kue tart dengan hiasan gula warna cokelat dan bunga bunga melati di bulan kelahirannya, yaitu bulan hujan red Desember FYI dalam bahasa jawa Desember berarti gedhe gehdene sumber Sangat manis, humanis, dan lembut Meski tidak diakhiri dengan bombastis yang luar biasa Tapi cukup mengena.SUKASetelah membaca buku ini, ada beberapa hal yang saya pelajari 1 Bagaimana seorang penulis memosisikan diri terhadap aneka fenomena yang muncul di sekitarnya Penulis menangkap dengan mata, telinga, bahkan perasaan lalu dikemas secara apik dalam prosa 2 Tidak perlu neko neko dalam menulis cerpen Realis bukan berarti minim imajinasi Realis bukan berarti rendahan Sungkem


  2. Evan Dewangga Evan Dewangga says:

    Cerpen Tart di Bulan Hujan membuat saya trenyuh, dan dua cerpen pertama di buku ini membuat saya sangat terhibur Namun, ada beberapa cerpen yang memang kurang nendang rasanya, maklum cerpen cerpen ini juga belum pernah dipublikasikan sebelumnya.


  3. Farrahnanda Farrahnanda says:

    Pinjem buku ini dari Kak Moo iya, dibilang saya tukang pinjam ehe eheKumcer ini ada 25 cerpen, dan favorit saya yang berjudul Sangkar Ayam sebab ditulis dengan gaya mabuk, lebih mabuk dari cerpen yang lain Suka banget sama narasi yang lompat lompat kadang dialog gabung ke narasi ehe bahagia bacanya.Ada 2 cerpen yang menurut saya merupakan pemaknaan ulang dari cerita agama Dalam cerpen Ayam Goreng , saya teringat soal ibu yang memaafkan anaknya setelah anaknya diancam bakal dibakar su Pinjem buku ini dari Kak Moo iya, dibilang saya tukang pinjam ehe eheKumcer ini ada 25 cerpen, dan favorit saya yang berjudul Sangkar Ayam sebab ditulis dengan gaya mabuk, lebih mabuk dari cerpen yang lain Suka banget sama narasi yang lompat lompat kadang dialog gabung ke narasi ehe bahagia bacanya.Ada 2 cerpen yang menurut saya merupakan pemaknaan ulang dari cerita agama Dalam cerpen Ayam Goreng , saya teringat soal ibu yang memaafkan anaknya setelah anaknya diancam bakal dibakar supaya sakaratul mautnya nda sulit Di cerpen Ayam Goreng , si anak mengancam akan menggoreng diri sendiri supaya si ibu mau memaafkan tetangganya yang jahat, mumpung itu malam natal Dalam cerpen Pesta Sepatu Tinggi saya teringat sama kisah Nabi Nuh.Mbah Bakdi nampaknya bisa menuliskan kisah kisah keagamaan menjadi euu lebih universal dan menarik dibaca tanpa saya merasa lagi dikhotbahi Asik lah pokoknya Terus cerpen Topeng nampaknya pernah dipentaskan di FKY tahun 2015 nda sih Di hari kedua pembacaan cerpen kalo nda salah ingat Soalnya saya datang yaterus


  4. J. Fisca J. Fisca says:

    Salah satu cerpenis favorit Cerpen cerpennya renyah, enak dibaca.


  5. Carolina Ratri Carolina Ratri says:

    Akhirnya bisa terselesaikan.Ada beberapa kesamaan dalam cerita cerita di dalamnya Semuanya adalah cerita yang bisa saja kamu jumpai atau bahkan terjadi padamu.Kejadiannya sungguh dekat dengan keseharian, sederhana, simpel.Cerita cerita di sini memberikan refleksi dalam hidup.Lucunya, sepertinya Prof Bakdi ini beberapa kali mengangkat ketiak yang berkeringat dan ketiak yang bau sebagai bumbu lucu dalam cerita HeheheheTapi beberapa kali juga saya kehilangan plot Mungkin saat saya lagi bl Akhirnya bisa terselesaikan.Ada beberapa kesamaan dalam cerita cerita di dalamnya Semuanya adalah cerita yang bisa saja kamu jumpai atau bahkan terjadi padamu.Kejadiannya sungguh dekat dengan keseharian, sederhana, simpel.Cerita cerita di sini memberikan refleksi dalam hidup.Lucunya, sepertinya Prof Bakdi ini beberapa kali mengangkat ketiak yang berkeringat dan ketiak yang bau sebagai bumbu lucu dalam cerita HeheheheTapi beberapa kali juga saya kehilangan plot Mungkin saat saya lagi blank juga sih pas bacanya.Dan setelah sampai di belakang, saya merasa kumcer ini juga kurang berwarna Monokrom Tapi ya mungkin memang begitulah gaya menulis Prof Bakdi sembah Terima kasih sudah membawa realitas dalam bentuk sebuah buku, Prof.Idih, sok kenal


  6. Mel Mel says:

    akhirnya berhasil menyelesaikan buku ini setelah tertunda berhari hari karena kesibukan menyambut hari raya lebaran abaikaninfotakpentinginibeberapa cerita berhasil membuat aku tertawa ngakak karena KSBB beberapa lagi membuat kesadaranku tersentil karena saking satirnya beberapa lagi sangat humanis dan real dan yang sedikit lagi itu sangat absurd dan bikin aku senyum sakinh asik ketika membaca ending ketje.intinya, aku suka sekali membaca buku ini ringan tapi nendang.


  7. eti eti says:

    26 2014membaca cerpen di dalam buku ini seakan menyentil kesadaran saya betapa saya sebagai manusia telah begitu serakah akan segala yang bersifat dunia padahal bumi, matahari, air, udara, tumbuhan, hewan, bahkan batu yang diam pun ikhlas berbagi dengan kita manusia padahal ada mereka di sekeliling kita.


  8. Nenden Arum Nenden Arum says:

    Baca karyanya Bakdi Soemanto ini, seperti mencicipi secuil kue tart enak tetapi tidak memuaskan Di beberapa bagian setidaknya saya bisa mendapatkan tiga kali kesalahan ketik, sedikit sih, tapi cukup mengganggu.


  9. Ade Faulina Ade Faulina says:

    Cerita cerita unik dengan nama nama yang menarik


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


10 thoughts on “Tart di Bulan Hujan

  1. Teguh Affandi Teguh Affandi says:

    Prof Bakdi Soemanto sudah tidak asing memang dalam dunia kesusasteraan Indonesia Sebagai akademisi maupun penulis sendiri Buku ini berisi cerpen2 beliau, baik yang sudah pernah terbit di media massa maupun yang belum Sepertinya Buku Kompas sedang memproduksi kumpulan cerpen Kompas setiap tahunnya tahun lalu Pelajaran Pertama Bagi Calon Politisi kepunyaan alm.Kuntowijoyo.Cerpen pertama kisah pemuda bernama Brokoli nama yang unik, dan akan ditemukan banyak sekali nama unik lainnya dalam buku Prof Bakdi Soemanto sudah tidak asing memang dalam dunia kesusasteraan Indonesia Sebagai akademisi maupun penulis sendiri Buku ini berisi cerpen2 beliau, baik yang sudah pernah terbit di media massa maupun yang belum Sepertinya Buku Kompas sedang memproduksi kumpulan cerpen Kompas setiap tahunnya tahun lalu Pelajaran Pertama Bagi Calon Politisi kepunyaan alm.Kuntowijoyo.Cerpen pertama kisah pemuda bernama Brokoli nama yang unik, dan akan ditemukan banyak sekali nama unik lainnya dalam buku ini yang mengiris kelingking karena putus dari kekasihnya Zwili Zanten tuh kan benar, nama tokoh2 dalam buku ini lucu Juga Brokoli tidak mau makan karena merasa sebagai pemakan mayat karena memakan ayam Mungkinkah ini kritik secara halus terhadap sikap manusia yang serakah ketika makan Semua dimakan, daging, sayuran, sosis, sareh darah yang yang dikukus, di daerah lain disebut dadih dll Amrok Brokoli bikin kita kembali merenung.Bagaimana seekor ANJING membuat seoran laki laki bernama Matheus Sardula kesengsem sama anak ibu kosnya Anjing itu mengingatkannya pada seekor anjing yang dibuat di buat di gua maria Aku tidak paham beda kristen dan katholik dalam menanggapi anjing Aku suka sekali cerpen AYAM GORENG, dendam ibunya yang membenci ayam goreng saat disajikan di misa natal Ada kejutan di akhirnya seru.Bus Kolumbus berkisah tentang supir bus, bernama Kuniya yang tanpa sengaja menabrak orang saat mengendarai bus kolumbus Aku hanya bisa mengira ngira mengapa Bakdi Soemanto menamai busnya bus kolumbus Dan kisah ini benar benar kisah orang lapisan bawah.Ternyata Bakdi Soemanto juga piawai dalam mengurai kisah kasih beraroma asmara, misal dalam cerpen Di Antara Dua Bintang Pisces, Dua Pasang Sepatu Pesta, Ia Telah Terusir, dan Libra, Pisces, atau. Meski ketiganya memiliki titik fokus yang berbeda Mulai dari kisah laki laki yang bingung memilih dua gadis dengan bintang pisces, kisah perceraian yang gagal karena sepasang sepatu pesta, atau kisah suami yang dideskreditkan posisinya karena tidak berpenghasilan sebesar istri Kisah lelaki lulusan master yang bingung memilih dua gadis, antara yang bebrintang Libra Pisces atau saya menduga juga suka dengan si konsultan sendiri Menarik Selain itu ada kisah sedikit lucu dalam Pagi Itu Ia Menengadah, yang berkisah tentang Bisma yang hendak ujian disertasi doktor dan memiliki tetangga perempuan merah jambu Tentu bisa dibayangkan bagaimana terganggu konsentrasinya karena kemolekan perempuan mereh ajambu itu Seru.Bakdi Soemanto juga bermain di area surealis, cerpen KEPALA perlu dihighlight dengan saksama Bagaimana seorang juru ketik merasa susah dengan kepalanya yang terlalu kritis AKhirnya atas saran banyak orang kepala itu ditinggal di rumah Tapi Apa ini cuma begitu Tidak Ada aroma satire di sana Apakah ini sindiran kepada para birokrat dengan keterwakilan juru ketik yang tidak bisa memanfaatkan kepala mereka Begitu juga dalam cerpen Kotak Suci konflik antara urban dan rural culture sangat terasa Seorang anak yang sepuluh tahun di kota kembali ke desa, hendak mengambil sebuah kotak suci yang konon berisi lembaran puisi sastra lama Tetapi ternyata orang desa sudah berubah, tidak seperti dahulu.Sebuah MATA yang memergoki penggelapan tukang fotokopi kantor, harus menanggung akibat PAdahal ia hendak mengatakan yang jujur KAdang memang kejujuran harus berbayar terlalu mahal.Cerpen Selanjutnya adalah kisah tentang orang miskin yang harus kembali diperbudk oleh kemelaratan MUHDOM kehilangan motor dan melapor ke dukun Sayang, ternyata di tengah kesedihan itu ada juga oknum polisi yang ingin mengambil untung Tetapi di tengah kekalutannya, ia justru berubah menjadi kriminal dengan membawa pergi motor yang mirip miliknya dulu.Dan cerpen yang menjadi judul buku Tart di Bulan Hujan sangat humanis serta religius red kaum nasrani Tentang pengabdian terhadap Yesus, si anak yatim suci, dari sebuah keluarga miskin Sum ingin memberi hadiah kue tart dengan hiasan gula warna cokelat dan bunga bunga melati di bulan kelahirannya, yaitu bulan hujan red Desember FYI dalam bahasa jawa Desember berarti gedhe gehdene sumber Sangat manis, humanis, dan lembut Meski tidak diakhiri dengan bombastis yang luar biasa Tapi cukup mengena.SUKASetelah membaca buku ini, ada beberapa hal yang saya pelajari 1 Bagaimana seorang penulis memosisikan diri terhadap aneka fenomena yang muncul di sekitarnya Penulis menangkap dengan mata, telinga, bahkan perasaan lalu dikemas secara apik dalam prosa 2 Tidak perlu neko neko dalam menulis cerpen Realis bukan berarti minim imajinasi Realis bukan berarti rendahan Sungkem


  2. Evan Dewangga Evan Dewangga says:

    Cerpen Tart di Bulan Hujan membuat saya trenyuh, dan dua cerpen pertama di buku ini membuat saya sangat terhibur Namun, ada beberapa cerpen yang memang kurang nendang rasanya, maklum cerpen cerpen ini juga belum pernah dipublikasikan sebelumnya.


  3. Farrahnanda Farrahnanda says:

    Pinjem buku ini dari Kak Moo iya, dibilang saya tukang pinjam ehe eheKumcer ini ada 25 cerpen, dan favorit saya yang berjudul Sangkar Ayam sebab ditulis dengan gaya mabuk, lebih mabuk dari cerpen yang lain Suka banget sama narasi yang lompat lompat kadang dialog gabung ke narasi ehe bahagia bacanya.Ada 2 cerpen yang menurut saya merupakan pemaknaan ulang dari cerita agama Dalam cerpen Ayam Goreng , saya teringat soal ibu yang memaafkan anaknya setelah anaknya diancam bakal dibakar su Pinjem buku ini dari Kak Moo iya, dibilang saya tukang pinjam ehe eheKumcer ini ada 25 cerpen, dan favorit saya yang berjudul Sangkar Ayam sebab ditulis dengan gaya mabuk, lebih mabuk dari cerpen yang lain Suka banget sama narasi yang lompat lompat kadang dialog gabung ke narasi ehe bahagia bacanya.Ada 2 cerpen yang menurut saya merupakan pemaknaan ulang dari cerita agama Dalam cerpen Ayam Goreng , saya teringat soal ibu yang memaafkan anaknya setelah anaknya diancam bakal dibakar supaya sakaratul mautnya nda sulit Di cerpen Ayam Goreng , si anak mengancam akan menggoreng diri sendiri supaya si ibu mau memaafkan tetangganya yang jahat, mumpung itu malam natal Dalam cerpen Pesta Sepatu Tinggi saya teringat sama kisah Nabi Nuh.Mbah Bakdi nampaknya bisa menuliskan kisah kisah keagamaan menjadi euu lebih universal dan menarik dibaca tanpa saya merasa lagi dikhotbahi Asik lah pokoknya Terus cerpen Topeng nampaknya pernah dipentaskan di FKY tahun 2015 nda sih Di hari kedua pembacaan cerpen kalo nda salah ingat Soalnya saya datang yaterus


  4. J. Fisca J. Fisca says:

    Salah satu cerpenis favorit Cerpen cerpennya renyah, enak dibaca.


  5. Carolina Ratri Carolina Ratri says:

    Akhirnya bisa terselesaikan.Ada beberapa kesamaan dalam cerita cerita di dalamnya Semuanya adalah cerita yang bisa saja kamu jumpai atau bahkan terjadi padamu.Kejadiannya sungguh dekat dengan keseharian, sederhana, simpel.Cerita cerita di sini memberikan refleksi dalam hidup.Lucunya, sepertinya Prof Bakdi ini beberapa kali mengangkat ketiak yang berkeringat dan ketiak yang bau sebagai bumbu lucu dalam cerita HeheheheTapi beberapa kali juga saya kehilangan plot Mungkin saat saya lagi bl Akhirnya bisa terselesaikan.Ada beberapa kesamaan dalam cerita cerita di dalamnya Semuanya adalah cerita yang bisa saja kamu jumpai atau bahkan terjadi padamu.Kejadiannya sungguh dekat dengan keseharian, sederhana, simpel.Cerita cerita di sini memberikan refleksi dalam hidup.Lucunya, sepertinya Prof Bakdi ini beberapa kali mengangkat ketiak yang berkeringat dan ketiak yang bau sebagai bumbu lucu dalam cerita HeheheheTapi beberapa kali juga saya kehilangan plot Mungkin saat saya lagi blank juga sih pas bacanya.Dan setelah sampai di belakang, saya merasa kumcer ini juga kurang berwarna Monokrom Tapi ya mungkin memang begitulah gaya menulis Prof Bakdi sembah Terima kasih sudah membawa realitas dalam bentuk sebuah buku, Prof.Idih, sok kenal


  6. Mel Mel says:

    akhirnya berhasil menyelesaikan buku ini setelah tertunda berhari hari karena kesibukan menyambut hari raya lebaran abaikaninfotakpentinginibeberapa cerita berhasil membuat aku tertawa ngakak karena KSBB beberapa lagi membuat kesadaranku tersentil karena saking satirnya beberapa lagi sangat humanis dan real dan yang sedikit lagi itu sangat absurd dan bikin aku senyum sakinh asik ketika membaca ending ketje.intinya, aku suka sekali membaca buku ini ringan tapi nendang.


  7. eti eti says:

    26 2014membaca cerpen di dalam buku ini seakan menyentil kesadaran saya betapa saya sebagai manusia telah begitu serakah akan segala yang bersifat dunia padahal bumi, matahari, air, udara, tumbuhan, hewan, bahkan batu yang diam pun ikhlas berbagi dengan kita manusia padahal ada mereka di sekeliling kita.


  8. Nenden Arum Nenden Arum says:

    Baca karyanya Bakdi Soemanto ini, seperti mencicipi secuil kue tart enak tetapi tidak memuaskan Di beberapa bagian setidaknya saya bisa mendapatkan tiga kali kesalahan ketik, sedikit sih, tapi cukup mengganggu.


  9. Ade Faulina Ade Faulina says:

    Cerita cerita unik dengan nama nama yang menarik


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *